Agrobisnis, Pilihan Peluang Usaha Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Advertisements

Agrobisnis, Pilihan Peluang Usaha Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai usaha di zaman sekarang adalah impian semua orang. Anda tidak perlu lagi bekerja dalam waktu yang panjang dan terikat waktu, namun tetap memperoleh penghasilan. Sayangnya, banyak orang yang bingung, mulai dari mana mereka harus menjalankan bisnis. Padahal, Anda dapat memulai usaha dari rumah seperti usaha agrobisnis. Peluang usaha ini sekarang cukup banyak peminat karena tidak memerlukan modal besar, selain itu pengelolaan usahanya juga mudah dilakukan.

agrobisnis

Bagaimana Jika Tidak Memiliki Lahan?

Pada dasarnya, usaha agrobisnis ini tidak perlu dimulai dengan skala besar. Biasanya, calon pelaku usaha ini terpaku pada kuantitas. Padahal, bila dilihat lagi dengan jeli, Anda bisa menggunakan sistem hidroponik. Sistem ini memungkinkan Anda yang tidak memiliki lahan cukup untuk menanam tanaman sesuai keinginan. Anda juga dapat menggunakan halaman depan rumah. Untuk langkah awal, mulai dengan menanam sayuran organik terlebih dahulu.

Saat memulai usaha agrobisnis ini, Anda harus mengeluarkan modal awal untuk pengembangan penanaman tanaman. Setelah melakukan pembelian alat-alat pertanian, Anda bisa belajar cara pengelolaan tanaman. Targetkan pasar menengah ke atas, sehingga Anda bisa meraup keuntungan yang lebih besar dan pengembangan pasarnya juga lebih cepat. Besarnya keuntungan ini bisa diperoleh karena Anda menjual harga sayuran dengan harga tinggi.

Pilihan Usaha Agrobisnis

Jika masih bingung apa saja usaha agrobisnis yang bisa digeluti, berikut beberapa pilihannya, antara lain:

1. Menjual Sayur Hidroponik

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, hidroponik adalah cara menanam tanaman yang belakangan ini mendapatkan banyak perhatian. Apalagi bagi mereka yang berada di perkotaan yang tak mempunyai lahan yang luas untuk bercocok tanam. Sistem penanaman ini biasanya menggunakan sistem organis sehingga Anda tidak membutuhkan pestisida. Seiring dengan berkembangnya gaya hidup masyarakat, permintaan sayuran organik semakin lama semakin naik.

2. Reseller Bibit Tanaman

Saat memulai bisnis tanaman, hal yang penting ialah menyediakan bibit. Jika Anda memiliki bibit yang unggul, produktivitas pertanian akan menjadi semakin meningkat. Anda bisa memasarkan produk bibit tanaman ini di internet, dengan menyediakan bibit unggul, para pencari bibit tanaman pasti akan mencari Anda.

3. Budidaya Sayur dan Buah

Selain sayuran hidroponik, Anda bisa mencoba budidaya buah dan sayur. Beli bibit tanaman yang berkualitas dan memiliki harga murah. Ada begitu banyak jenis buah dan sayur yang bisa Anda membudidayakan seperti pisang, jeruk, mangga dan lain-lain. jika Anda memiliki lahan yang besar, Anda bisa membuka agrowisata khusus buah dan sayuran.

4. Menjual Tanaman Cangkok

Dari zaman dulu hingga sekarang, tanaman cangkok selalu saja menjadi primadona. Hal ini disebabkan karena tanaman cangkok lebih cepat berbuah dan hasilnya sama dengan pohon induknya. Mengapa Anda tidak menjadikannya sebagai peluang bisnis? Anda bisa menjual tanaman cangkok. Lebih-lebih penanaman dengan cara cangkok tidak sulit seperti yang dibayangkan.

5. Menjual Tanaman Hias

Bisnis ini hingga sekarang menjadi penghasil keuntungan yang besar. Selain itu, tanaman hias selalu laku di pasaran. Anda bisa memilih tanaman-tanaman yang unik dan tidak membutuhkan lahan yang besar untuk penanamannya.

Dengan usaha yang tekun dan niat yang baik, peluang usaha ini bisa menjadi solusi keuangan Anda di masa depan. Pastikan, sebelum memulai usaha, Anda sudah mempelajari seluk beluknya dengan baik, selain itu jangan lupa belajar pada mereka yang sudah berpengalaman dalam bisnis ini.