Peluang Bisnis Catering, Jenis-Jenis dan Keuntungannya

Advertisements

Jenis-Jenis Bisnis Catering yang Menguntungkan

 

Catering masih termasuk ke dalam jenis bisnis kuliner. Tapi, metode pemasarannya tidak melalui cara dijajakan. Bisnis catering terbilang sangat menjanjikan. Terlebih jika Anda adalah seorang yang ahli mengolah makanan untuk sebuah acara formal, seperti pesta pernikahan, gathering, dan acara formal lainnya.

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi semua orang. Itulah kenapa, bisnis kuliner hingga saat ini masih tetap bertahan dan terus berkembang. Saat ini, peluang bisnis makanan terbilang semakin potensial. Karena, peminatnya yang begitu besar.

Jenis-Jenis Usaha Catering

Usaha catering memiliki beberapa macam jenis. Sebelum Anda terjun dalam bisnis ini, simak berikut beberapa jenis catering yang populer di negara kita.

1. Usaha Catering Rumahan

Catering rumahan hanya melayani pemesanan makanan untuk sekitar kurang lebih 100 orang saja. Catering ini meliputi pemesanan nasi box mulai dari 20 – 100 orang, rantangan rumah tangga, pesanan makanan untuk prasmanan, untuk arisan, untuk pengajian, dan lainnya. Catering rumahan juga biasanya melayani pemesanan nasi kuning untuk acara syukuran.

2. Catering Makanan untuk Hajatan

Catering ini tidak jauh beda dengan jenis catering rumahan. Namun, skalanya jauh lebih besar. Pemesanan biasanya datang dari mereka yang akan melakukan acara seperti pernikahan.

3. Usaha Catering Kantoran

Ada cukup banyak pemesanan jenis catering kantoran. Biasanya meliputi pemesanan nasi box, makanan untuk perayaan ulang tahun perusahaan, prasmanan, dan lainnya.

4. Catering Makanan Anak

Catering yang satu ini dikhususkan untuk makanan anak-anak sekolah. Sajiannya pun disesuaikan, yaitu berupa rantang yang diisi dengan berbagai macam makanan sehat dan lezat untuk anak-anak.

Keuntungan Menekuni Bisnis Catering

Jika Anda mampu mengolah makanan, dan memiliki modal yang cukup, jangan ragu untuk memulainya. Anda hanya tinggal memikirkan strategi pemasarannya saja. Karena, usaha catering memiliki banyak keuntungan dan peluang sebagai berikut:

1. Banyak Dibutuhkan

Saat ini banyak orang yang ingin serba praktis dan instan. Contohnya saja pada suatu acara hajatan, kini banyak yang lebih memercayakan hidangannya pada perusahaan catering. Karena, mereka tidak ingin repot-repot belanja dan mengolah makanan.

2. Mampu Meraup Keuntungan yang Besar

Catering adalah salah satu usaha yang mampu meraup keuntungan besar. Wajar saja, karena pemesanan makanan selalu dalam jumlah yang besar. Selain itu, peminatnya pun semakin tinggi. Sehingga, bisnis ini masuk ke dalam jajaran bisnis yang menjanjikan.

3. Bisa Dijalankan di Rumah

Catering adalah bisnis rumahan yang potensial. Sehingga, tidak perlu memiliki tempat strategis untuk usaha kuliner Anda. Tapi, Anda harus pandai-pandai melakukan promosi dan pemasaran. Agar bisnis Anda bisa dikenal luas di seluruh kalangan masyarakat.

Kesimpulan

Catering adalah jenis bisnis rumahan. Cocok untuk ibu rumah tangga yang tidak bisa meninggalkan rumah karena kewajibannya. Bisnis ini memang terbilang berat di awal. Anda harus melakukan promosi agar bisnis dikenal oleh banyak orang. Untungnya, kini promosi bisa Anda lakukan secara gratis dengan memanfaatkan media sosial.

Bisnis ini memerlukan persiapan yang matang dan modal yang cukup. Jika Anda sudah bertekad untuk terjun dalam bisnis ini, lakukan persiapan secara optimal. Seperti menyiapkan list peralatan apa saja yang harus dibeli, menentukan bahan makanan yang sehat dan berkualitas, serta berbagai persiapan lainnya.

Demikian ulasan seputar bisnis catering yang kini sudah cukup banyak dilirik. Jika Anda mahir mengolah makanan, jadi tunggu apalagi? Segera persiapkan diri Anda dan tentukan target pasar Anda untuk memulainya.