Peluang Bisnis Ternak Modal Kecil Menguntungkan

Tips Sukses Bisnis Ternak Modal Kecil

 

Dari dulu hingga saat ini, peluang usaha ternak masih menjanjikan. Usaha ini tidak pernah ada matinya. Tidak hanya di pedesaan, bisnis ini bahkan telah berkembang di beberapa daerah perkotaan. Terlebih, dengan banyaknya jenis bisnis ternak modal kecil, masyarakat semakin tertarik untuk memulainya.

Ada banyak alasan kenapa bisnis ternak masih tetap terus bertahan. Salah satunya karena masih erat kaitannya dengan kebutuhan manusia, yaitu makanan. Nah, untuk yang tertarik, berikut ulasan beberapa bisnis ternak dengan modal kecil yang menguntungkan sebagai referensi:

1. Bisnis Ternak Ayam dan Ayam Kampung

Meski sama-sama ayam, tapi keduanya berbeda. Ayam adalah bahan dasar makanan yang banyak disukai. Daging ayam selalu menjadi hidangan lezat baik di rumah, rumah makan, hingga restoran. Baik dagingnya maupun telurnya, beternak ayam adalah salah satu bisnis yang menjanjikan.

Jika Anda hanya ingin memilih beternak telur saja, maka yang dipilih adalah jenis ayam petelur. Ayam petelur adalah jenis ayam yang hanya akan menghasilkan telur saja.

2. Bisnis Ternak Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu ternak yang juga banyak diminati. Masa panen ikan lele terbilang paling cepat. Itulah salah satu alasan kenapa peternak menyukai usaha ini. Selain itu, lele adalah jenis ikan yang memiliki daya tahan tubuh tinggi. Hal tersebut tentu akan menjadi suatu keuntungan bagi peternak.

3. Bisnis Ternak Love Bird

Love bird adalah nama jenis burung. Burung tersebut kini telah  mulai diternakkan di negara kita. Love bird sendiri bukanlah jenis spesies burung asli Indonesia. Meski demikian, peminatnya di tanah air begitu tinggi. Salah satu keunggulan love bird adalah warnanya yang indah dan menawan. Selain warnanya, suaranya pun indah dan khas.

4. Bisnis Peternakan Cacing

Peternakan cacing mungkin masih terdengar kurang biasa. Karena, jarang orang yang menernakannya. Tapi jangan salah, cacing banyak dibutuhkan, karena memiliki banyak manfaat. Permintaan pasar terhadap cacing pun cukup tinggi. Ternak cacing juga cocok untuk pemula. Karena, tidak sulit merawatnya dan tidak menghabiskan biaya besar.

5. Bisnis Peternakan Kambing

Daging kambing merupakan salah satu komoditas pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia. Meskipun daging kambing masih kalah dari daging sapi, tapi potensi peternakan kambing masih baik di pasaran.

Ternak kambing akan terjadi lonjakan harga saat menjelang Idul Adha. Biasanya, pada waktu tersebut para peternak akan mendapatkan untung besar. Selain itu, kambing juga banyak dicari untuk umat muslim yang akan melakukan aqiqah.

Itulah beberapa jenis bisnis ternak modal kecil yang bisa Anda pilih. Sebagai tips, pilihlah jenis ternak yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda baru terjun dalam bisnis ternak, pilih hewan yang tidak memerlukan perawatan rumit.